Tips agar Pekerja Rumah Tangga Betah

Diera saat ini kerap terjadi drama yang dilakukan Pekerja Rumah Tangga yang dipekerjakan oleh Pengguna Jasa. Diantaranya adalah Kabur dan seribu alasan untuk tidak betah dan tidak bisa melanjutkan pekerjaannya. Hal ini tentu akan sangat ย membuat kecewa baik dari sisi Lembaga Penempatannya dan Juga pengguna Jasa yang sudah pastiย  akan mengeluarkan Tambahan biaya untuk memproses Penggantian Pekerjanya.

Hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut ? Berikut tips dari Permata Kasih Bunda Indonesia :

1.Lakukan wawancara terhadap calon tenaga kerja

Tahap pertama untuk menggali minat,komitmen dan kemampuan kerja adalah dengan secara lansung nterview dengan calon tenaga kerja. Sampaikan dengan sejelas jelasnya Jobdesk pekerjaan, Jumlah keluarga dalam satu rumah, Situasiย  tempat bekerja, ada tidaknya hewan peliharaan. Sehingga dengan penjelasan yang detail mengurangi resiko tiba-tiba Pekerja rumah Tannga Kabur tiba-tiba.

2.Jadikan Pekerja Rumah Tangga sebagai Mitra

Posisikan Pekerja Rumah Tangga sebagai mitra dalam mengurus rumah. Jangan lagi menganggap Pekerja Rumah tangga sebagai babu atau budak. Dan jangan melakukan tindakan kasar baik secara verbal dengan ucapan tidak menyenangkan, menghina atau bahkan melakukan tindakan kasar secara fisik.

3.Cukupi kebutuhan Dasar

Pengguna Jasa wajib memberikan kebutuhan dasar kepada Pekerja Rumah Tangga, diluar Gaji yang cukup, pengguna Jasa juga wajib memenuhi kebutuhan dasar ย seperti, Makan minum layak, tempat istirahat layak, keperluan mandi ( sabun mandi, shampoo, pasta gigi, dll ), Waktu beribadah, kebebasan berkomunikasi dengan keluarga, Jaminan kesehatan dan juga seragam kerja secukupnya. Hal ini akan membuat Pekerja Rumah tangga merasa dihargai dan akhirnya akan membuat mereka betah dan bisa bekerja dengan baik.

4.Berikan waktu untuk Libur

Pekerja Rumah Tangga juga sebagai mahkluk social, membutuhkan waktu untuk bersosialisasi dengan Teman, Keluarga, karenanya berikan waktu secara berkala untuk libur dan agar Pekerja Rumah Tangga memiliki waktu โ€œ me timeโ€ , sehingga mereka bisa mengurangi rasa jenuh karena bekerja yang terus menerus dan diharapkan akhirnya mereka bisa betah bekerja dalam jangka panjang, yang tentunya akan membuat Pengguna Jasa Senang dan nyaman karena tidak perlu berganti ganti Pekerja.

5.Memberikan jaminan kesehatan

Untuk sebagian besar Pekerja Rumah Tangga yang ditempatkan oleh Lembaga Resmi penempatan sudah diuruskan BPJS Ketenagakerjaan. Tapi tidak ada salahnya Pengguna Jasa membantu mengatasi situasi emergency jika terjadi sakit mendadak atau kecelakaan kerja terhadap pekerjanya. Hal ini akan sangat berpengaruh ke betah dan awetnya Pekerja yang bekerja di kita. Dengan pekerja Rumah Tangga yang sehat, awet dan betah bekerja, Pekerjaan Rumah dan Mengurus anak Pengguna jasa akan beres dan Pengguna jasa akan merasa tidak repot dan sangat terbantu.

Mencari Pekerja Rumah Tangga ( Baby sitter, Nanny, Perawat Lansia, ART ) silahkan menghubungi Permata Kasih Bunda Indonesia

Saksikan Liputan Kegiatannya di Akun Youtube Kami

Baca Artikel Kami Lainnya :

Ujian dan Sertifikasi Profesi Baby Sitter Bersama APPSI dan Disnakertransgi...

Read More

Benchmarking SOP Pelayanan Lembaga Penempatan Pekerja Rumah Tangga Jakarta, 09...

Read More

Apa Saja Kewajiban PRT (Pekerja Rumah Tangga) Terhadap Pemberi Kerja...

Read More

Apa Saja Kewajiban Pengguna Jasa Sebelum membahas kewajiban Pengguna Jasa...

Read More

Tips Pendekatan Ke ART Agar Lebih Mudah di Atur Pekerja...

Read More

Pemberian Reward dari BPJS Ketenagakerjaan LPPRT Permata Kasih Bunda Indonesia...

Read More

Menguak Realita Beban Kerja Asisten Rumah Tangga Profesi Pekerja Rumah...

Read More

Penyuluhan dan Konsultasi Hukum oleh Team Lawyer Permata kasih Bunda...

Read More
Scroll to Top